Kamis, 14 Maret 2013

Curug Bayan

Letak Curug Bayan hanya beberapa puluh langkah dari lokasi Dam Jepang Kalipagu, dicapai melalui jalan setapak di sebelah kiri Villa Curug Bayan yang berdiri di tepian Kali Banjaran, dengan pemandangan langsung ke arah Curug Bayan dan Dam Jepang.
Curug Bayan berada di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, dengan ketinggian 7 meter di aliran Kali Banjaran. Tampaknya belum ada angkutan umum reguler yang melayani pejalan untuk mencapai lokasi Curug Bayan, sehingga untuk ke sana lebih baik menggunakan kendaraan sendiri.
curug bayan
Seorang anak duduk di sebuah batu besar mengamati dua temannya yang tengah bermain air di bagian bawah Curug Bayan Kalipagu yang dibendung sehingga membentuk kolam dengan air alam yang sangat jernih.
curug bayan
Musim hujan belum lagi tiba ketika saya berkunjung ke Curug Bayan Kalipagu, sehingga alir airnya tidak begitu deras dan sangat jernih.
Serakan batuan besar kecil di atas batang Kali Banjaran memberi suasana sekitar curug, dan menjadi tempat baik untuk nongkrong menikmati pemandangan sekitar yang indah.
villa curug bayan
Bangunan kayu bertingkat Villa Curug Bayan yang terletak persis di tepi Kali Banjaran, beberapa puluh meter di bawah Curug Bayan Kalipagu.
Sumber air berlimpah dan jernih, udara dingin yang menjelang sore mendatangkan kabut romantis, membuat biaya perawatan dan pemakaian villa di wilayah pegunungan semacam ini menjadi sangat minimal. Tidak perlu listrik untuk menghidupkan AC, tidak perlu air pam untuk mengisi kolam renang, dan tidak pula perlu zat kimia untuk penjernihnya.
curug bayan
Ketinggian Curug Bayan Kalipagu yang mencapai 7 meter ini telah menciptakan kedung cukup dalam di bawah curug.
Sebagaimana pada curug lainnya, debit air yang membesar pada musim penghujan akan menimbulkan pusaran air yang bisa berbahaya bagi pejalan. Selalu berhati-hati jika ingin berenang di kedung di bawah air terjun. Lebih aman dan asik berenang di bagian hilir, di tempat anak-anak kecil pada foto sebelumnya.
curug bayan
Kedung Curug Bayan Kalipagu yang airnya tenang dan jernih ini memang bisa dengan sangat mudah menggoda pengunjung untuk mencebur ke dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar